Kamis, 12 November 2009

RIWAYAT RINGKAS AL-IMAM ASY-SYAFI’I

“Segala puji bagi Allah, Tuhan pengatur semesta alam. Shalawat Allah atas Muhammad Rasulullah, beserta segenap keluarga dan sahabat beliau sekalian.”

Musnad Al-Imam Asy-Syafi’i

Kiranya lengkaplah kebanggaan Imam Asy-Syafi’I, bahwa; beliau ditakdirkan Allah SWT sebagai Imam Asy-Syafi’i. Rasanya belum ada seorang juga sesudah beliau dari ulama Islam yang melebihi kemampuan beliau, baik didalam memahami kandungan Al-Qur’an ataupun As-Sunnah, dan jelas penetapan (istinbat) hukumnya, serta tahan debat (diskusi). Terang pandangannya, serta kokoh kuat pendiriannya, juga mampu mempertahankan pendapatnya. Lidahnya fasih, ajarannya bersih, sehingga mencapai puncak tertinggi dalam penyampaiannya. Adabnya sebagaimana adab orang gurun, mengambil ilmu pengetahuan dari setiap ahli yang ditemuinya, sehingga ilmunya lebih tinggi daripada alim sebelum dan sesudahnya. Masyhur di Hijaz, menjadi Maroji’ (tempat bertanya) para ulama tentang ilmu riwayat maupun As-Sunnah. Padahal ulama- ulama tersebut juga ahli ilmu dan faham Al-Qur’an. Tetapi, kebanyakan mereka bukan ahli debat dan diskusi, mereka lemah dalam bidang itu, sehingga hampir kalah apabila berhadapan dengan ahli-ra’yi (filosof). Dengan munculnya pemuda Asy-Syafi’I, membawa pandangan yang luas dan angin segar bagi para ulama Islam, beliau tahu betul bagaimana harus menegakkan hujjahnya, sehingga para ahli-ra’yi merasa wajib untuk mengikut sunnah rasul. Beliau tegaskan kepada mereka, bagaimana cara menetapkan hukum dari khabar (hadits) yang tunggal (ahad), kemudian beliau jelaskan kepada ummat manusia jalan memahami Al-Qur’an dengan bahasa arab dan kefasihan mereka. Beliau tunjukkan kepada mereka tentang nasikh dan mansukh dari sebagian ayat- ayat Al-Qur’an maupun hadits. Dan beliau satukan mana- mana yang lahirnya bertentangan satu dengan lainnya. Sehingga penduduk Mekkah saat itu memberinya gelar Nashir Al-Hadits (Pembela hadits).

Tersebarluasnya ajarannya kepada para ulama Islam di zamannya, yang kebetulan datang menunaikan ibadah hajji ke Mekkah. Mereka mengunjungi beliau dan mengambil ilmunya, dan menjadikannya sebagai guru mereka. Imam Ahmad bin Hanbal pernah duduk bersama beliau, ketika itu datang seorang sahabat (Imam Ahmad) mengajak beliau meniggalkan majlis ‘Unayyinah (Guru Imam Asy-Syafi’i), lalu Imam Ahmad berkata kepadanya: “Diamlah! Sesungguhnya jika engkau luput dari belajar suatu hadits, dapat engkau peroleh setelah pulang nanti. Tetapi, bila engkau luput dari kemampuan akal orang ini (Asy-Syafi’i), aku takut engkau selamanya takkan pernah memperolehnya lagi. Karena, belum pernah kutemui seorang pun yang lebih faham hukum Al-Qur’an dari pemuda (Asy-Syafi’i) ini.” Imam Daud Azh-Zhahiry (yang mengajarkan kitab Manaqib Imam Asy-Syafi’i) berkata: Imam Ishaq bin Rohawiyyah berkata kepadaku: “Aku pergi bersama Imam Ahmad bin Hanbal menemui Imam Asy-Syafi’i di Mekkah. Karena aku ingin bertanya kepada beliau tentang sesuatu. Kutemui beliau sangat fasih dan bagus adabnya. Setelah kami berpisah, menerangkan kepadaku para ahli hukum Al-Qur’an, bahwa beliau (Asy-Syafi’i) adalah orang yang paling faham dengan makna hukum Al-Qur’an di zamannya. Beliau telah menerima anugerah Allah SWT tentang makna ayat- ayat Al-Qur’an. Jikalau aku dapat menemui beliau lagi, niscaya akan sering- sering mengikutnya.” Kata Imam Daud: “Aku lihat dia (Imam Ishaq) sangat berduka-cita, tatkala tidak dapat menemui Imam Asy-Safi’i.” Oleh karena itu, Imam Ahmad bin Hambal pernah berkata: “Kalau tidak ada Imam Asy-Syafi’i, rasanya kita takkan dapat mengetahui ilmu Fiqhi Al-Hadits.”

Kemudian Imam Asy-Syafi’i berkunjung ke Iraq, di wilayah khalifah dan ibukota khalifah ini (Imam Asy-Syafi’i ke Baghdad tiga kali, pertama; sewaktu beliau masih muda-belia, yaitu pada tahun 184 H. Pada masa khalifah Harun Ar-Rasyid. Kedua; pada tahun 195 H. dan menetap di sana dua tahun. Dan ketiga; pada tahun 198 H. Dan beliau menetap di sana satu bulan, setelah itu beliau berangkat ke Mesir). Beliau tidak segan mengambil ilmu dari ahli-ra’yi (filosof Islam), membandingkan dan mendiskusikannya dengan para filosof Islam tersebut, sehingga menambah perbendaharaan ilmu fiqhi baliau dan ketajaman lidahnya. Abu Walid Al-Makky, yaitu Al-Faqih Musa bin Abu Al-Jarud berkata: “Kami berbincang- bincang dengan sahabat- sahabat kami di Mekkah, bahwa Imam Asy-Syafi’i belajar dari Ibnu Juraij melalui empat jalan. Dari Muslim bin Khalid dan Sa’id bin Salim (keduanya adalah ahli-fiqhi). Dari Abdul-Majid bin Al-‘Aziz bin Rawwad, yaitu murid terkemuka dari Ibnu Juraij. Dan dari Abdullah bin Al-Harits Al-Makhzumy, beliau adalah ahli peletakan Dasar- Dasar Hukum (Al-Asbat). Dan beliau juga belajar dari Imam Malik bin Anas (Imam Maliky), bahkan beliau pindah kepadanya (ke Madinah), mengikutinya dan mengambil ilmunya. Kemudian beliau berangkat ke Iraq, dan mempelajari Fiqhi Imam Abu Hanifah (Imam Hanafy), yaitu dari Imam Muhammad bin Al-Hasan. Kemudian beliau padukan antara ilmu ahli-ra’yi dengan ilmu ahli-hadits, beliau padukan keduanya, sehingga lahirlah ilmu Ushul Al-Fiqhi yang menjadi dasar hukum fiqhi. Maka tunduklah semua yang selama ini sefaham dengannya maupun yang mulanya tidak sependapat dengan beliau. Masyhur ajarannya dan tinggi pula gelarnya. Banyak muridnya, sehingga akhirnya banyak pula yang mengikuti ajaran (madzhab) beliau.”

Pada tahun 199 H. Beliau berangkat ke Mesir, dan menetap di sana hingga wafatnya. Beliau mengajar ummat dengan As-Sunnah, Fiqh As-Sunnah, dan Faham Al-Qur’an, dan memberikan pandangan kepada orang- orang yang berbeda pendapat dengan beliau serta hujjah- hujjahnya, karena kebanyakan mereka mengikuti ajaran guru mereka, yaitu; Imam Malik bin Anas, dan mereka banyak yang ta’assub madzhaby (fanatik-buta terhadap madzhabnya). Beliau tundukkan mereka dengan luasnya ilmu beliau dan petunjuk serta pemikiran beliau, walaupun mulanya mereka tidak memperhatikannya. Setelah itu, mereka mengunjungi majlis beliau, mereka kutip darinya ilmu Al-Qur’an dan ilmu Al-Hadits, juga mereka pelajari dari beliau ilmu bahasa, ilmu nasab, bahkan; sya’ir. Kadangkala beliau ajarkan ilmu kesehatan. Mereka juga belajar dari beliau tentang adab diskusi dan tukar pendapat. Beliau juga guru menulis khoth (kaligrafi arab). Mereka baca kembali apa yang tadinya mereka jauhi dari beliau. Atau, beliau imlakkan pelajaran lainnya. Maka, kembalilah kebanyakan mereka dari sifat ta’assub (fanatik) mereka. Mereka belajar dari beliau tentang ijtihad dan mereka tinggalkan sifat taqlid. Demikianlah seterusnya, Imam Asy-Syafi’i, hampir seluruh manusia bumi mengenal beliau dan mengakui ilmunya.

Beliau wafat dan dikebumikan di Mesir. Kubur beliau terkenal dan masyhur sampai sekarang. Usia beliau hanya 54 (lima puluh empat) tahun, lahir di Ghazzah, pada tahun 150 H. Pada malam Jum’at dan beliau dikebumikan pada hari Jum’at selepas sholat ‘Ashar, pada akhir bulan Rajab tahun 204 H.

Semoga Allah SWT berkenan selalu menganugerahkan rahmat-Nya untuk beliau. Amin!

Notulis: Khairul Firmansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar